Kemarin waktu pertama kali pake template yang baru, mo cari-2 cara supaya bisa memotong artikel biar ga kepanjangan ditampilin di depan ketemu milik Pak Isnaini...
Sekalian aja aku tulis ulang (dengan sedikit penjelasan)…

silahkan masuk ke blogger dulu trus ke layout/tata letak (Indonesia) dan kemudian edit html



Untuk bisa ngedit template secara keseluruhan, harus centang/tandai/aktifkan Expand Widget Templates



Masukkan kode berikut sebelum tag </head> atau tepat sesudah kode }]]></b:skin> seperti ini:

Jika kesulitan mencari kode di atas silahkan pakai fasilitas find di browser masing-2 (mozila, ie, opera, safari, els).




<style><b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>span.fullpost {display:inline;}<b:else/>span.fullpost {display:none;}</b:if></style>


Atau lebih jelas formatnya/letaknya menjadi seperti ini :

....
} ]]></b:skin>

<style><b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>span.fullpost {display:inline;}<b:else/>span.fullpost {display:none;}</b:if></style>

</head>
....

Selanjutnya mengatur supaya postingan terpotong, cari kode <p><data:post.body/></p> dalam template kamu dan tambahkan kode berikut tepat dibawahnya:


<b:if cond='data:blog.pageType
!= "item"'><a expr:href='data:post.url'>Read More...</a></b:if>


Untuk read more… (kode) yang dicetak tebal diatas silahkan ganti sesuai dengan selera….. (mis. Baca lebih lanjut, lebih detail, selanjutnya, dsb…)

Nah supaya terpotong, setiap kali kamu posting, klik pada bagian posting dimana kamu pengen tulisan Read More.. muncul, dan ketik <span class="fullpost"> sisa postingan sampai selesai </span>. Untuk menambahkan kode ini, ketika posting kamu harus dalam mode Edit HTML bukan Compose.



Contoh :

Menurutku sepakbola di Indonesia nih sudah mewakili seluruh cabang olahraga lain. Bahkan liga Indonesia (Sekarang ILS) adalah liga terbesar di dunia !!! bahkan lebih besar dari liga inggris (EPL) sekalipun ! kenapa ???? <span class="fullpost">
Sebab banyak drama yang terjadi waktu pertandingan sepakbola di Indonesia yang melibatkan berbagai unsur dari cabang olahraga lain… Segala macam olah raga tumplek blek di Liga ini.. Ada tinju, karate, lempar batu, lomba lari (karena dikejar suporter), dsb…. Maka dari itu tidak ada liga di negara manapun yang sehebat liga di Negara kita ….. wkakakaka…. </span>

Ket.: tulisan yang berwarna hijau adalah yang akan anda tampilkan dan Tulisan yang berwarna biru itulah yang akan anda sembuyikan (atau yang full artikel)

Maka yang ditampilkan hasilnya seperti ini :

Menurutku sepakbola di Indonesia nih sudah mewakili seluruh cabang olahraga lain. Bahkan liga Indonesia (Sekarang ILS) adalah liga terbesar di dunia !!! bahkan lebih besar dari liga inggris (EPL) sekalipun ! kenapa ???? Read more...



Silahkan coba, semoga berhasil… cheerzzz...

13 comments:

  1. perempuan said...

    mtrnuwun mas inponya, aq cobak nggeh :D  

  2. ansblog said...

    thx jogjafree.... ini yang dicari-cari.. sekali thx banget.. ;)  

  3. Aurelius said...

    Thank You for your info  

  4. klik-uang said...

    kok tag yang ke 2 gw cari nggak ada ya? apa tiap template beda?  

  5. Agsa Cruelz said...

    "kok tag yang ke 2 gw cari nggak ada ya? apa tiap template beda?"

    Sama  

  6. shief said...

    @klik-uang
    @Agsa Cruels

    memang ada yg beda...
    ato mungkin yg sintx xml blogger yang baru dah ga seperti yang diatas lagi...  

  7. Catatan-catatan ringan said...

    terima kasih infonya kang...langsung dicoba neh...mantap  

  8. Joko h said...

    mbah, kok tidak bereaksi? alias tidak jalan? bagaimana ni?  

  9. tarjo said...

    cara yang baru (mungkin masih bisa) ini lo...
    http://beautifulbeta.blogspot.com/2009/02/post-summary-and-read-more.html

    tata cara merubahnya sama....  

  10. oakleyses said...
  11. oakleyses said...
  12. oakleyses said...
  13. oakleyses said...

Post a Comment


 

Blogger Templates. Sponsored by Link Page Report Card redesigned by shief